7 Cara Praktis Membuat Sticky Note Tembus Pandang di Desktop

Di era digital seperti saat ini, sticky note atau kertas perekat menjadi salah satu alat produktivitas yang sering digunakan. Dengan sticky notes, kita bisa dengan mudah membuat catatan kecil untuk mengingatkan, menandai hal penting, atau sekadar menuangkan inspirasi secara cepat.

Namun, masalahnya adalah sticky notes konvensional terkadang dapat mengganggu tampilan desktop komputer atau laptop kita. Untungnya kini sudah hadir sticky note digital yang dapat kita pasang di desktop tanpa mengganggu produktivitas.

Sticky note jenis ini menyediakan fitur transparansi, di mana catatan yang kita buat akan tembus pandang sehingga objek atau gambar di latar belakangnya tetap terlihat jelas. Teknologi transparansi pada sticky notes digital membuatnya terlihat lebih elegan dan modern.

Sticky notes transparan desktop dapat kita gunakan untuk beragam keperluan, mulai dari menulis pengingat, membuat daftar tugas, hingga sekadar menempelkan kutipan dan gambar inspiratif favorit tanpa harus mengganggu wallpaper indah yang sudah susah payah kita pasang di desktop. Fitur transparansi pada sticky notes ini memang memiliki banyak keuntungan.

Nah, penasaran bagaimana cara mengaktifkan fitur transparan pada sticky notes Windows agar terlihat lebih estetik? Dalam artikel ini akan dibahas berbagai tips praktis supaya sticky notes di desktop komputer bisa tembus pandang, mulai dari mengutak-atik pengaturan Windows hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Yuk, simak selengkapnya cara membuat sticky note transparan di desktop:

  1. Gunakan Aplikasi Sticky Notes Bawaan Windows

Notepad bukan satu-satunya aplikasi untuk membuat catatan di Windows. Ada aplikasi bernama Sticky Notes yang bisa kita manfaatkan untuk membuat catatan digital yang tembus pandang. Caranya cukup klik tombol Start lalu ketik “Sticky Notes” untuk menjalankan aplikasinya.

  1. Download Software Pihak Ketiga

Jika ingin lebih banyak pilihan fitur, Anda bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga khusus untuk membuat sticky notes, seperti Stickies, Memo Layer, maupun Rocket Stickies. Kebanyakan aplikasi ini menyediakan opsi transparansi sehingga catatan tidak menutupi objek di latar belakangnya.

  1. Atur Transparansi Menggunakan Pengaturan Windows

Cara lain membuat sticky notes tembus pandang adalah dengan mengatur transparansi melalui pengaturan Windows 10. Buka Settings > Personalization > Colors, lalu atur transparansi pada bagian “Make Start, taskbar, and action center transparent”.

  1. Gunakan Fitur Acrylic pada Windows

Windows 10 dan 11 menyediakan efek material transparan bernama Acrylic. Fitur ini bisa diterapkan pada aplikasi manapun termasuk sticky notes. Caranya buka regedit lalu arahan ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Themes\. Ubah nilai AcrylicOpacity dan AcrylicAccentState menjadi 1.

  1. Pasang Windows Mod

Alternatif lain adalah dengan memasang Windows Mod, software yang memungkinkan pengguna mengkustomisasi berbagai aspek pada Windows 10. Salah satu modulnya yakni TransparentTB bisa membuat taskbar dan aplikasi apapun termasuk sticky notes menjadi transparan.

  1. Gunakan Efek Kaca pada Desktop

Desktop yang tembus pandang membuat sticky notes juga ikut tembus pandang. Aktifkan efek kaca pada desktop dengan klik kanan area desktop kosong. Pada tab Personalize, pilih tema High Contrast Black atau Transparency dan atur transparansi desktop sesuka Anda.

  1. Pasang Wallpaper Tembus Pandang

Cara termudah lain adalah dengan memasang wallpaper transparan pada desktop Windows Anda. Unduh gambar dengan latar transparan, lalu atur sebagai wallpaper. Sticky notes pun akan mengikuti efek transparansi dari wallpaper tersebut.

Itu dia 7 tips praktis agar sticky notes di Windows bisa tembus pandang sehingga tidak menghalangi objek atau wallpaper di latar belakangnya. Kini catatan digital jadi lebih estetis dan tetap berguna tanpa mengganggu tampilan desktop komputer kita.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *