6 Kesalahan Pada Saat Penggunaan Sunscreen

Anda pasti sudah paham kalau sunscreen alias tabir surya sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar UV berlebihan yang bisa menggelapkan dan merusak jaringan kulit.

Tetapi, yakinkah Anda sudah 100 persen memahami segala hal tentang tabir surya atau sunscreen? Kalau iya, tentunya Anda tidak akan melakukan kesalahan-kesalahan dalam menggunakan tabir surya berikut.

Kesalahan 1: Tidak Memakai Sunscreen 30 Menit sebelum Beraktivitas di Luar
Pakailah sunscreen setidaknya 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Berikan waktu buat sunscreen agar terserap kulit sebelum ‘bercengkerama’ dengan sinar matahari. Dengan begitu, kulit Anda mendapatkan perlindungan yang lebih optimal daripada saat Anda mengoleskan sunscreen 5 menit sebelum keluar dari rumah atau kantor.

Kesalahan 2: Hanya Memakai Tabir Surya Sekali Sehari
Ini kesalahan paling umum dalam menggunakan tabir surya. Mengoleskan sunscreen sebelum beraktivitas dan tidak melakukan pemakaian ulang hingga sepanjang hari.

Padahal tabir surya hanya mampu melindungi kulit selama beberapa jam saja. Anda tetap harus reapply setelah 2 jam untuk melindungi kulit. Setelah berenang dan berkeringat banyak, sunscreen juga harus segera diaplikasikan kembali.

Kesalahan 3: Memakai Sunscreen Terlalu Sedikit
Tabir surya umumnya memiliki tekstur berminyak dan sedikit lengket. Tetapi bukan berarti Anda bisa menggunakan tabir surya sesedikit mungkin agar kulit tidak terasa lengket. Dalam penggunaan sunscreen, setidaknya Anda butuh 2 sendok makan untuk seluruh tubuh yang terekspos matahari.

Kesalahan 4: Hanya Memakai Sunscreen Saat Matahari Terik
Bahkan saat cuaca mendung dan matahari tampak ‘ramah’, sekitar 80 persen sinar ultra violet yang dipancarkan matahari masih bisa mencapai permukaan bumi.

Hanya karena cuaca sedang mendung dan sinar matahari tidak terlalu terik, bukan berarti efek sengatan sinar UV juga lebih rendah. Karena itu, Anda tetap harus mengoleskan sunscreen setiap hari.

Kesalahan 5: Hanya Mengandalkan SPF pada Makeup
Sejumlah kosmetik memang dilengkapi dengan SPF. Tetapi bukan berarti ini cukup untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV. Meskipun mengenakan makeup dengan SPF, pastikan SPF-nya tidak kurang dari 30. Anda pun tetap harus reapply setelah 2 jam.

Kesalahan 6: Mandi Cahaya Matahari Seharian
Bahkan saat Anda sudah memakai tabir surya pun, bukan berarti Anda bisa berlama-lama beraktivitas di bawah terik matahari. Tabir surya tak bisa memblokir 100 persen radiasi sinar UV.

Anda tetap perlu membatasi waktu beraktivitas di luar ruangan. Sebisa mungkin, hindari paparan sinar matahari setelah jam 10 pagi. Jika terpaksa, gunakan kacamata pelindung atau topi untuk melindungi kulit.

Itulah kesalahan-kesalahan dalam menggunakan sunscreen yang paling sering dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.