Makanan yang Bermanfaat untuk Membuat Tidur Jadi Lebih Berkualitas

Bagi orang dewasa, jumlah jam tidur yang tepat yaitu tujuh jam atau lebih merupakan suatu hal penitng untuk menjaga kesehatan. Kurang tidur berhubungan dengan sejumlah masalah kesehatan kronis seperti serangan jantung, stroke, kanker, diabetes, asma, dan depresi.

Terdapat beberapa hal yang disarankan agar seseorang dapat tidur dengan lebih baik. Perubahan yang terjadi ini melingkupi berbagai macam hal termasuk cara dan jenis makan seseorang.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian mengungkap bahwa konsumsi makanan rendah karbohidirat atau tinggi lemak bisa meningkatkan kualitas tidur. Peneliti mengungkap bahwa konsumsi makanan tinggi karbohidrat sebelum tidur bisa mengganggu waktu istirahat pada malam hari.

Tim peneliti mempelajari hasil penelitian sebelumnya yang melihat efek dari makanan terhadap tidur. Makanan tinggi karbohidrat bisa efektif membantu seseorang tidur lebih cepat namun kualitas tidurnya menurun.

Sebaliknya, mereka yang mengonsumsi makanan tinggi lemak sehat namun dengan kandungan karbihidrat rengah mengalami tidur yang lebuh nyenyak. Hasil penelitian ini mendukung temuan sebelumnya yang membandingkan dua jenis makanan ini walau memiliki kandungan kalori yang sama.

Makanan Rendah Karbohidrat dan Tinggi Lemak untuk Tidur Nyenyak

Salah satu makanan yang disebut bisa berdampak positif terhadap kualitas tidur adalah kacang-kacangan. Diketahui bahwa almond dan kenari memiliki kandungan melatonin, hormon yang mendukung siklus bangun dan tidur pada tubuh.

“Mengonsumsinya bisa meningkatkan gula darah pada hormon, membantumu tidur lebih nyenyak,” tulis temuan dari The National Sleep Foundation.

Seseorangan sebaiknya mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak dengan kandungan protein rendah lemak yang baik. Makanan ini membantu meningkatkan produksi serotonin yang bisa menyebabkan insomnia pada jumlah yang rendah.

Adanya kandungan yang tepat dari serotonin di dalam tubuh bisa membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Seseorang bisa memiliki kandungan serotonin yang lebih tinggi dengan mengonsumsi keju.

“Makanan yang kaya protein rendah lemak seperti keju cottage, juga mengandung asam amino tritofan yang bisa meningkatkan serotonin,” terang the National Sleep Foundation.

Makanan lain yang bisa kamu konsumsi sebelum tidur adalah telur, avokad, mentega, daging sapi, daging ayam, daging kalkuk, salmon, tuna, herring, dan kod. Untuk tidur lebih lelap dan rasa lebih lezat, kamu bisa menambahkan minyak seperti zaitun atau kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.