Cara Merawat Tangga Agar Tetap Seperti Baru

Tangga merupakan bagian rumah yang sangat krusial. Tanpa tangga, penghuni tidak akan bisa mengakses lantai atas bangunan. Ini dia cara merawat tangga rumah minimalis agar tetap seperti baru.

Tangga Kayu

Tangga berbahan kayu harus rutin dirawat agar tidak melengkung, berubah bentuk, retak, dan kusam. Cara pembersihan tangga berbahan dasar kayu cukup mudah. Gunakan pembersih kotoran kering terlebih dahulu, seperti sapu atau penyedot debu. Hal ini guna menghindari permukaan kayu tergores karena adanya debu. Selanjutnya, mulailah mengepel tangga dengan produk pembersih khusus material kayu yang dicampur dengan air hangat. Jika tidak ada produk pembersih khusus kayu, dapat menggunakan cuka putih dicampur dengan air hangat dengan perbandingan 1:10 bagian. 

Bersihkan setiap anak tangga satu persatu hingga sudut-sudut tangga. Gunakan sikat jenis angled brush atau alternatifnya menggunakan sikat gigi. Lap pegangan dan kaki tangga. Keringkan menggunakan kain kering dan bersih untuk menghindari penumpukan cairan baik di anak tangga, sudut-sudut, pegangan, hingga kaki tangga. 

Tangga Kaca

Tangga kaca perlu dirawat secara teratur agar tetap aman dan estetik. Perawatannya juga terbilang cukup mudah dan sederhana. Bersihkan tangga kaca menggunakan kain yang bersih dan lembut. Gunakan sabun atau pembersih kaca yang lembut untuk membersihkan kaca. Hindari bahan-bahan kasar, seperti kawat atau sikat karena dapat menggores permukaan kaca, dan bahan kimia keras, seperti cairan pelarut yang dapat merusak permukaan kaca ataupun pembersih berbasis asam. Hindari juga menggunakan air panas karena suhu tinggi dapat merusak kaca hingga membuat retak. Sebagai gantinya, gunakan air dingin ataupun air bersuhu ruang. 

Saat membersihkan tangga kaca pastikan tidak menekan terlalu kuat, bersihkan dengan gerakan yang lembut. Setelah tangga kaca dibersihkan, dapat menggunakan lapisan pelindung tambahan pada kaca seperti tempered glass untuk tangga kaca. Penggunaan tempered pada railing tangga kaca memberikan tampilan yang elegan dan modern. 

Tangga Besi

Tujuan dari membersihkan tangga besi untuk menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan, seperti karat, jamur, endapan air, hingga minyak. Jika dibiarkan, kotoran akan mengikis lapisan pelindung besi sehingga besi menjadi berkarat dan keropos. Untuk membersihkan tangga besi ada beberapa cara. Pertama, menggunakan minuman bersoda, cukup tuang soda di bagian berkarat, diamkan beberapa saat, lalu gosok dengan kain kasar. Kedua, menggunakan baking soda, campurkan sedikit air dengan cuka/baking soda, oleskan pada tangga dan diamkan beberapa saat, lalu keringkan dengan lap bersih. Opsi ketiga, bersihkan tangga besi dengan sabun dan air hangat. Namun, opsi ketiga ini dapat membuat tangga terlihat kusam dan tidak mengkilap. 

Setelah dibersihkan, lapisi tangga secara berkala dengan cat minimal satu tahun sekali. Hal ini berguna untuk melindungi besi dari air dan paparan sinar matahari yang masuk ke rumah, sehingga tangga tidak mudah berkarat. Gunakan juga lapisan anti karat secara teratur.

Tangga Beton

Tangga beton membutuhkan perawatan minimal sehingga bisa hemat biaya perbaikan dan perawatan berkelanjutan yang sering diperlukan untuk tangga kayu. Pembersihannya pun lebih mudah dibandingkan tangga dengan bahan lainnya, tangga beton yang menggunakan lantai keramik, bisa dibersihkan seperti mengepel lantai menggunakan air dan cairan pembersih lantai. Untuk railing tangga bisa dilap menggunakan air dan cairan pembersih. Baluster tangga jika menggunakan cat seperti dinding, dapat dibersihkan dari debu menggunakan kemoceng dan dilakukan perawatan dengan pengecatan minimal setahun sekali. 

Ada banyak pilihan tangga rumah minimalis. Setiap tangga memiliki tata cara perawatannya masing-masing. Jadi, jangan sampai salah perawatan ya!

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *