Cara Memilih Crypto yang Bagus Sebelum Membelinya

Indonesia Crypto Exchange

Keberhasilan banyak orang dalam berinvestasi kripto, membuat semakin banyak orang tertarik untuk melakukannya. Apalagi saat ini jenis cryptocurrency juga cukup banyak sehingga para trader bisa lebih fleksibel menentukan mana yang paling sesuai untuknya. Untuk proses investasinya juga terbilang tidak sulit dengan banyaknya aplikasi dari penyedia layanan Indonesia crypto exchange sehingga investasi dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Salah satunya adalah Nanovest, yang saat ini sedang penulis gunakan. Aplikasi investasi terbaru Indonesia ini memiliki banyak fitur unggulan, salah satunya adalah memungkinkan penggunanya untuk membeli aset crypto dan saham sekaligus di satu aplikasi. 

Nah, dengan banyaknya pilihan cryptocurrency di pasar, terkadang sulit bagi para trader untuk memilih mana yang akan diperdagangkan. Terlebih lagi untuk orang yang masih awam dalam bidang ini. Artikel ini akan membantu Anda dengan membahas bagaimana cara memilih crypto yang sesuai untuk Anda: 

  • Pilih Tingkat Risiko Anda

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 2300 cryptocurrency yang ada di pasar digital? Masing-masing cryptocurrency memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda. Bagi para trader, investasi crypto dipandang sebagai taruhan dengan risiko yang masih terbilang aman.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk menyebarkan risiko Anda dengan mendiversifikasi portofolio investasi Anda. Langkah ini bertujuan untuk semakin meningkatkan keuntungan dan mengurangi risiko investasi Jadi, sebisa mungkin pilihlah lebih dari satu mata uang digital yang stabil dan tingkat risiko rendah saat mulai investasi crypto. Jadi, ketika salah satu jenis cryptocurrency yang Anda pilih mengalami penurunan, Anda masih bisa mendapat keuntungan dari jenis lainnya.

  • Lakukan Riset

Meskipun Anda mendapatkan rekomendasi atau opini dari teman, kerabat, atau bahkan perusahaan Anda juga perlu melakukan riset secara independen. Hal ini bertujuan agar Anda dapat penilaian tersendiri dan menyesuaikannya dengan keadaan dan situasi Anda. 

Riset pertama yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk memperdagangkan BTC/USD vs ETH/USD atau mata uang kripto lainnya adalah dengan melihat grafik historisnya. Ada area yang harus Anda perhatikan, yakni sirkulasi dan kapitalisasi pasar. Jangan sampai Anda terjebak oleh nominal harga yang besar.

Kemudian, cari tahu tentang stabilitas dan gali sejarah lengkap cryptocurrency. Perlu Anda ketahui bahwa mata uang digital umumnya masih bisa dalam tahap pertumbuhan dan mungkin menunjukkan rekor pertumbuhan yang berkelanjutan.

Namun di sisi lain, beberapa di antaranya memiliki track fluktuasi yang berbeda. Hindari mata uang yang telah mengalami penurunan besar dalam kapitalisasi pasar. Cari tahu juga tentang perusahaan-perusahaan yang menawarkan cryptocurrency beserta kredibilitas, tim teknis, kepemimpinan perusahaan, dan rekam jejaknya.

  • Jangan Berinvestasi di Luar Kemampuan Anda

Perlu Anda ingat bahwa crypto merupakan investasi dengan risiko lebih tinggi daripada kebanyakan jenis investasi lainnya. Tidak ada jaminan apapun selain volatilitas (indeks pasar sekuritas). Itu karena harga koin kripto selalu berubah dari menit ke menit.

Maka dari itu, tingkat risiko yang Anda hadapi juga bervariasi. Jadi, tidak disarankan bagi Anda untuk menginvestasikan sebagian besar uang Anda (misalnya tabungan, pinjaman, atau barang-barang berharga) pada koin crypto apa pun. Apalagi jika Anda sampai mengajukan pinjaman hanya untuk berinvestasi. Sebab ingatlah bahwa semua jenis investasi, termasuk investasi kripto, pasti memiliki risiko.

  • Tetap Waspada

Cara memilih crypto yang bagus selanjutnya adalah dengan tetap waspada serta berpegang teguh pada fakta dan data. Jangan sampai Anda membuat keputusan emosional saat memilih investasi crypto.

Setelah Anda memilih koin yang ingin Anda investasikan, pastikan untuk tetap memantau portofolio Anda dengan cermat. Pelajari semua berita tentang investasi Anda dan terus lakukan penelitian independen yang sama seperti yang Anda lakukan sebelum berinvestasi. Pastikan juga Anda hanya melakukan investasi melalui aplikasi investasi kripto yang legal. Hal ini akan mencegah Anda mengalami kerugian akibat hal di luar dari adanya penurunan harga pasar, seperti penipuan dan sebagainya.

Yuk, Terapkan Cara Memilih Crypto yang Bagus untuk Investasi!

Nah, demikianlah tips dan cara memilih crypto yang bagus sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi pada mata uang digital. Memilih cryptocurrency yang tepat untuk diinvestasikan dapat menghasilkan pengembalian yang menguntungkan. So, pengetahuan dan keterampilan analisis harus terus Anda tingkatkan. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.