7 Penyebab Munculnya Kram di Kaki yang Perlu Kamu Waspadai

Kondisi kaki yang menjadi kaku dan tidak bisa digerakkan saat sedang berolahraga merupakan salah satu hal yang menyebabalkan. Kondisi yang sangat mengganggu ini biasanya dikenal juga dengan kram.

Kaki yang mengalami kram ini tentu membuat olahraga yang kamu lakukan jadi berhenti dan kamu kesakitan. Walau begitu, hal ini juga bisa terjadi walau kamu tidak sedang berolahraga.

Kondisi ini bisa terjadi ketika kamu tengah berhenti atau diam saja atau bahkan ketika tidur. Hal ini tentu menjadi sangat mengganggu pada hal yang tengah kamu lakukan saat itu.

Terdapat sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya kram ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah yang yang bisa menyebabkan munculnya kram di kaki.

Kurang Cairan

Kram bisa disebabkan karena konsumsi air yang kurang dan asupannya yang juga kurang pada saat tidur. Hal ini menjadi alasan utama terjadinya kram saat kamu sedang tidur serta pada saat berolahraga.

Kurang Nutrisi

Kekurangan nutrisi merupakan hal lain yang bisa menyebabkan kram. Hal ini terutama ketika kamu kekurangan elektrolit di dalam tubuh terutama yang rentan terjadi ketika berolahraga. Konsumsi berbagai makanan sehat seperti buah dan sayuran berwarna hijau yang kaya elektrolit dapat mencegah serangan kram.

Kurang Pemanasan

Kram yang terjadi pada saat berolahraga bisa disebabkan karena kurangnya pemanasan. Hal ini terjadi karena ketika kurang pemanasan, otot menjadi kurang lentur dan lemah.

Olahraga Berlebihan

Salah satu hal yang sangat rentan menyebabkan munculnya kram adalah olahraga terutama yang dilakukan secara berlebihan. Ketika seseorang berolahraga secara lebih keras dibanding biasanya, otot menjadi lebih lelah dan mudah mengalami kram. Belum lagi hal ini biasanya ditambah dengan kurangnya elektrolit yang ada dalam tubuh.

Demikian artikel ini dibuat, semoga bisa menambah wawasan para pembaca apabila mengalami kram di kaki dan mengetahui penyebab beserta cara penanganan yang harus dilakukan. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.