6 Tips Jitu Punya Mobil Usia Muda

Usia masih 20 an tapi sudah ingin punya mobil sendiri? Bisa kok. Mobil memang menjadi salah satu kendaraan yang bisa memberikan kenyamanan lebih dibanding motor dan moda transportasi umum. Selain itu, memiliki mobil di usia muda juga menjadi suatu kebanggaan, baik mobil bekas atau pun baru.

Tapi, harganya yang mahal seringkali menjadi penghalang, ditambah lagi dengan faktor penghasilan yang mungkin masih sedikit. Tapi tidak mudah bukan berarti mustahil ya. Inilah sejumlah tips jitu memiliki mobil sendiri di usia 20 an.

Cara Punya Mobil Sendiri di Usia 20 an

1.     Rajin Menabung

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menabung sedini mungkin agar bisa cepat membeli mobil impian. Hal penting lain selain memulai sedini mungkin adalah menabunglah secara konsisten setiap bulan dan jika bisa nominalnya adalah sama.

2.     Pemasukan Tambahan

Jika tabungan ini didapat dari uang saku, maka sejak sekarang carilah pekerjaan, dan jika saat ini sudah bekerja tapi dirasa tabungannya masih sedikit atau terkumpulnya cukup lama maka nominalnya perlu ditambah dengan cara mendapat pemasukan tambahan dari pekerjaan sampingan.

Hal ini memang tidak mudah dan membayangkannya saja terasa melelahkan, tapi ingat bahwa sesuatu yang diinginkan memang membutuhkan tekad dan kerja keras.

Saat ini sudah ada banyak sekali jenis pekerjaan sampingan yang bisa dipilih sesuai minat, bakat, atau hobi dan kemampuan, misalnya menjadi penulis freelance, jualan online, drop shipper, youtuber, vlogger, guru les musik, dan sebagainya.

3.     Kontrol Pengeluaran

Usia muda identik dengan menikmati hidup dan foya-foya, tapi jika kamu ingin memiliki mobil di usia muda, maka pengeluaran harus ada batasannya. Kamu harus pandai mengatur keuangan dan memilah mana pengeluaran yang penting dan memang dibutuhkan serta mana yang sifatnya hanya keinginan.

4.     Hemat

Jika pengeluaran jauh lebih besar dari jumlah uang yang ditabung misal, maka segera stop kebiasaan menghamburkan uang untuk hal yang sifatnya hanya keinginan dan bukan kebutuhan, misalnya nongkrong di restoran mahal setiap weekend dengan teman, belanja banyak barang yang sebenarnya hanya lapar mata, menumpuk item yang sama hanya untuk koleksi dan bukan kebutuhan, dan sebagainya.

5.     Survey Harga Mobil

Harga mobil sangat bervariasi, baik baru atau pun bekas. Lakukan survey harga dari mobil yang ingin dibeli agar bisa memiliki target tabungan yang harus dikumpulkan dan dalam satu bulan harus menyisihkan berapa. Hal ini memberikan gambaran berapa lama uang seharga mobil impian tersebut bisa dikumpulkan.

6.     Kredit Mobil

Jika uang seharga mobil yang ingin dibeli terlalu besar dan membutuhkan waktu lama untuk mengumpulkannya, sedangkan Anda sudah tidak sabar ingin memiliki mobil, maka solusinya adalah kredit mobil.

Tapi, agar cicilannya bisa ringan dan tenornya tidak terlalu panjang, maksimalkan di DP mobil yang besar. Pastikan untuk memilih tempat jual beli mobil dengan sistem kredit yang profesional, bisa dipercaya, dan memberikan banyak keuntungan misalnya bunga rendah, seperti salah satunya mo88i.

Punya mobil di usia muda bukan lagi sekedar angan jika Anda menerapkan enam hal di atas sejak sekarang. Jika mobil impian sudah ditangan, pastikan untuk melakukan perawatan secara berkala agar kondisinya tetap prima dan mobil bisa berusia panjang serta harganya tetap tinggi saat dijual kembali.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.