4 Tips Penting Menggunakan Retinol Untuk Pemula

Sejak tahun 2011 lalu, Retinol dianggap sebagai salah satu holy grail dalam dunia per-skincare-an. Hingga saat ini retinol masih menjadi salah satu kandungan yang populer dan juara karena bisa memberikan efek dalam jangka waktu yang relatif lebih cepat. Well, retinol memang sangat powerful untuk membantu berbagai permasalahan kulit wajah, tapi kalau nggak hati-hati cara pakainya bisa menyebabkan breakout. Untuk kamu yang masih tergolong pemula, harus tahu tips menggunakan retinol untuk pemula berikut ini!

 

1. Intensitas penggunaan 1 kali dalam seminggu di malam hari

 

Ketika menggunakan retinol, kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap lingkungan sekitar, sehingga bisa saja dampaknya akan cukup mengejutkan bagi pengguna retinol untuk pemula. Sebagai permulaan, kamu disarankan untuk memakai retinol dengan intensitas 1 kali seminggu saat malam hari. Kenapa malam hari? Karena saat siang hari, kulit terpapar sinar matahari secara langsung dan lebih sensitif, ini dapat menimbulkan iritasi. Pemakaian 1 kali seminggu bertujuan untuk melihat bagaimana respon kulit terhadap retinol itu sendiri. Jika tidak ada gejala iritasi atau breakout, kamu bisa menambahkan intensitas pemakaian jadi 2-3 kali seminggu. Tidak hanya malam hari, retinol juga bisa digunakan atau diaplikasikan pada waktu pagi hari. Namun hal yang paling penting adalah jika kamu ingin menggunakan retinol di pagi hari, pastikan kamu mencari produk retinol yang bisa digunakan pada pagi hari seperti retinol kiehl’s

 

2. Gunakan retinol berkonsentrat rendah

 

Sebagai pemula, ada baiknya kamu menggunakan retinol dengan persentase yang rendah, yaitu 0,5 hingga 1% saja. Ini bukan hanya bertujuan untuk melihat bagaimana respon kulit kamu terhadap retinol tapi juga untuk mencegah efek kering dan adanya sensasi tingling yang berlebihan.

 

3. Jangan skip sunscreen!

 

Ketika night skincare routine kamu sudah menggunakan retinol, jangan pernah skip sunscreen ya! Sunscreen jadi salah satu perawatan kulit yang sangat penting untuk kamu gunakan di siang hari. Selain membantu melembabkan kulit wajah, sunscreen akan melindungi kulit kamu dari bahaya sinar UV selama beraktivitas outdoor maupun indoor.

 

4. Kombinasikan dengan moisturizer

 

Karena umumnya retinol memberikan efek samping berupa kulit kering, sebaiknya setelah pemakaian tambahkan dengan produk skincare lain yang memiliki kandungan bersifat melembabkan seperti hyaluronic acid, atau ceramide. Kamu juga bisa memilih moisturizer yang menghiasi. Penggunaan moisturiser ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan layer dan skin barrier kulit dari efek samping retinol.

 

Rekomendasi Retinol untuk Pemula 

 

Kamu bertanya-tanya, kira-kira produk retinol untuk pemula mana sih yang oke? Retinol Skin-Renewing Daily Micro-Dose Serum by Kiehl’s ini wajib ada di shopping cart kamu!

 

Ini adalah serum anti-aging dengan kandungan retinol yang dapat membantu menyamarkan kerutan pada wajah, merawat kekencangan kulit, serta membantu menghaluskan tekstur kulit. Tiga ingredient utama Retinol, Peptida, dan Ceramides ini secara bersamaan dapat membantu menjaga kelembaban, kekencangan kulit dan memperbaharui kulit tampak lebih muda.

 

Produk ini baik digunakan untuk:

  • Serum Retinol ini diformulasikan dengan jumlah persentase yang tepat sehingga dapat digunakan setiap hari (gunakan produk sesuai dengan petunjuk penggunaan produk yang ada di kemasan)
  • Hasil yang terlihat*: 90% pengguna pertama setuju setelah menggunakan Retinol pertama kali kulit terasa nyaman dan 91% mengatakan tekstur kulit tampak lebih halus.
  • Hasil dari pengujian*: 85% menunjukkan kerutan tampak tersamarkan dan 90% menunjukkan bahwa kulit terasa kencang.
  • Dapat dikombinasikan dengan rutinitas perawatan kulit wajah lain, dengan waktu penggunaan siang atau malam.
  • Sesuai untuk jenis kulit, utamanya retinol untuk pemula.

 

Semoga dengan 4 tips dan rekomendasi produk retinol untuk pemula ini, kamu nggak worry lagi deh pakai retinol! Share tips penting ini ke partner retinol pemula kamu, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published.